Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


Manfaat Daun kelor telah dipuji karena khasiat nya untuk kesehatan selama ribuan tahun, karena kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif.  Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil dari banyak manfaat kesehatan yang terkenal.

manfaat daun kelor
Manfaat Daun Kelor

7 Manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Daun kelor kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang melawan radikal bebas di tubuh kita. Tingkat radikal bebas yang tinggi menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
  • Quercetin: Antioksidan kuat ini bisa membantu menurunkan tekanan darah.
  • Asam klorogenat: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam chlorogenic dapat membantu kadar gula darah moderat setelah makan.
Faktanya, satu penelitian pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi tujuh gram (1,5 sendok teh) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan meningkatkan kadar antioksidan darah secara signifikan.

Ekstrak daun kelor juga bisa digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi. [1, 2]

2. Daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Sebenarnya, itu adalah karakteristik utama diabetes.

Seiring waktu, gula darah tinggi menimbulkan risiko banyak masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah tetap sehat.

Menariknya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian hewan. Studi manusia sedikit, dan umumnya berkualitas rendah.

Dalam sebuah penelitian, 30 wanita mengambil tujuh gram bubuk moringa setiap hari selama tiga bulan. Hal ini mengurangi kadar gula darah puasa hingga 13,5%.

Selain itu, sebuah studi kecil pada enam pasien diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. [3, 4, 5]

3. Daun kelor bisa menurunkan kolesterol

Jumlah kolesterol dalam darah tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan kacang almond.

Baik penelitian hewan maupun manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

Intinya: Moringa oleifera dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang seharusnya menyebabkan berkurangnya risiko penyakit jantung.[6]

4. Mendukung kesehatan otak

Daun kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer.

Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang baik.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang menyebabkan degenerasi neuron, memperbaiki fungsi otak.

Ini juga mampu menormalisasi serotonin, dopamin, dan noradrenalin neurotransmitter di otak...

...yang memainkan peran kunci dalam memori, mood, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, misalnya dalam depresi dan psikosis.

5. Melindungi hati.

Daun kelor mengandung konsentrasi tinggi polifenol dalam daun dan bunga yang melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas, dan kerusakan.

Daun kelor dapat mengurangi kerusakan hati dan fibrosis dan oksidasi balik di hati.

Minyak kelor juga dapat mengembalikan enzim hati ke tingkat normal, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kandungan protein di hati.

6. Berisi sifat antimikroba dan antibakteri.

Daun kelor memiliki khasiat antibakteri dan anti jamur yang melawan infeksi.

Ini efektif terhadap jenis jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit dan bakteri yang bertanggung jawab atas darah dan infeksi saluran kencing dan masalah pencernaan.


7. Melindungi sistem kardiovaskular.

Bubuk daun kelor memiliki manfaat kesehatan jantung, terutama dalam pengendalian lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Baca juga: 

Cara pengolahan daun kelor untuk obat herbal

  • Ambil daun kelor sesuai kebutuhan, bersihkan lalu jemur.
  • Setelah kering, tumbuk sampai halus.
  • Saring hasil tumbukan daun kelor.
  • Masukkan dan simpan dalam wadah tertutup.
  • Siap untuk dikonsumsi.
Anda bisa menambahkan bubuk daun kelor ke minuman teh. Serbuk daun dianggap aman dalam penelitian manusia, bahkan dalam dosis lebih besar dari biasanya.

Bubuknya memiliki cita rasa ringan, sehingga membuat teh daun kelor ringan dengan sedikit rasa bersahaja.

Anda juga bisa konsumsi ekstrak bijinya saja, karena mereka telah menunjukkan tingkat toksisitas pada sel kekebalan tubuh.

Kelopak daun kelor dapat memiliki efek pencahar dalam jumlah banyak, jadi dosis yang aman untuk mengenalkannya ke makanan Anda dan hindari masalah pencernaan ½ sampai 1 sendok teh per hari.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.