Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Kencantikan dan Mata

Manfaat daun sirih sering digunakan untuk pengobatan detoksifikasi, antioksidan, dan antimutas, dan memiliki berbagai khasiat termasuk anti-diabetes, kesehatan mulut, kardiovaskular, anti-inflamasi, anti-maag dan anti kanker.[1]

manfaat daun sirih
Manfaat Daun Sirih

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Giling daun sirih dan kunyit sehingga menjadi seperti pasta atau bubur. 
  • Oleskan pasta ini ke seluruh wajah Anda dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat. 
  • Anda juga bisa mencuci muka setiap hari dengan larutan air daun sirih.

12 Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan

1 - Diabetes: Daun sirih memiliki sifat anti-diabetes yang menjadikannya obat herbal yang sangat baik untuk mencegah diabetes.

2 - Mengobati Batuk: Rebusan air daun sirihbisa menjadi obat herbal yang hebat untuk mengobati batuk. Daun sirih juga bermanfaat bagi orang yang menderita masalah pernafasan.

3 - Mengurangi Peradangan: Jerawat yang menyakitkan, radang sendi dan lain-lain dapat menyebabkan peradangan. Menerapkan daun sirih dapat membantu mengurangi peradangan secara alami.

4 - Menyembuhkan penyakit asma: bagi anda yang sering mengalami asma, anda dapat menggunakan rebusan daun sirih untuk mengaatasi gejala – gejala yang muncul karena asma.

5 - Konstipasi: Karena daun sirih bersifat diuretik, ini membantu mengobati sembelit dengan mengurangi bagian feses.

6 - Antioksidan: Daun sirih bermanfaat bagi kesehatan karena menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang berbahaya.

7 - Mencegah kanker: Mengkonsumsi 10-15 daun sirih yang direbus dalam segelas air setiap hari bisa mengurangi peluang Anda terkena kanker. Agar tidak merasa pahit, bisa menambahkan madu.

8 - Meredakan sakit kepala: Daun sirih juga diketahui memiliki sifat analgesik dan karenanya mengaplikasikannya di atas area yang terkena diketahui dapat mengurangi sakit kepala secara efektif.

9 - Mengobati ruam: Mandi dengan ramuan daun sirih yang hangat dipercaya bisa menyembuhkan gatal pada kulit, namun juga memiliki aroma yang menyegarkan dan menyejukkan.

10 - Mengobati luka bakar: Pasta daun sirih bisa meredakan efek pembakaran pada kulit. Cara membuat pasta dengan menghaluskan daun sirih dan madu sampai halus, lalu gosokkan ke kulit lecet.

11 - Hilangkan jerawat: Daun sirih bersifat antiseptik, yang berarti sangat baik untuk membunuh bakteri. Termasuk menghilangkan jerawat.

12 - Masalah pencernaan: Daun sirih digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan dan kembung. Cara makannya cukup mudah, hanya mengunyah daunnya yang sudah diberi sedikit garam.

Baca juga:
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman.

Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.[2]

Daun Sirih Merah

Sirih merah adalah tumbuhan merambat yang ditanam orang karena khasiat pengobatan dan juga keindahan daunnya. Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan sirih.

Dan sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.[3]

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.