Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Mencegah Kanker

Ada beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk mengobati kanker, membunuh parasit, mengurangi peradangan, memperbaiki kondisi pernafasan, asam urat, menyembuhkan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kolesterol, dan meringankan rasa sakit.

manfaat daun sirsak
Manfaat Daun Sirsak

7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Manfaat yang paling menarik dari sirsak adalah terkait dengan aktivitas antioksidannya, yang berasal dari acetogenins, serta quinolones dan alkaloid yang telah dikaitkan langsung dengan pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor.

Penelitian ekstensif telah dilakukan pada senyawa organik yang unik dari sirsak dan telah banyak dipelajari sebagai pengobatan kanker alternatif.

Daun sirsak ini tampaknya dapat memotong aliran darah ke pertumbuhan seluler asing atau tidak normal, dan telah dikaitkan secara positif dengan penanganan kanker payudara, pankreas, prostat, dan paru-paru. [1]

2. Kontrol Parasit

Sifat anti parasit dari sirsak telah membuatnya menjadi pengobatan yang populer di banyak daerah, terutama di daerah di mana infeksi parasit lebih sering terjadi.

Dengan menyeduh teh dari daun dan buah sirsak, Anda bisa membersihkan usus dan memastikan sistem pencernaan Anda berjalan lancar. [2]

3. Kesehatan Kulit

Dapat membantu Anda mengurangi garis dan keriput, dan memperbaiki tampilan bintik-bintik dan noda usia...

... dengan cara menumbuk benih buah sirsak menjadi bubuk, yang kemudian bisa diformulasikan menjadi zat astringent. 

Lulurkan ke daerah kulit secara teratur dan nikmati kulit yang lebih sehat, sekaligus lindungi diri Anda dari infeksi bakteri dan mikroba.

4. Sifat anti-inflamasi

Jika Anda menderita nyeri sendi atau mengalami pembengkakan, terutama dari kondisi seperti asam urat atau artritis...

...gosok rebusan sirsak pada area yang terkena bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi nyeri pada sendi dan otot.

Senyawa antiinflamasi yang ditemukan di sirsak dapat mempercepat penyembuhan di daerah yang terkena, sekaligus menenangkan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. [3]

5 - Kesehatan gastrointestinal

Karena kaya akan vitamin C, sirsak digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk penyakit kudis dan disentri.

Jus buah sirsak juga bisa menjadi diuretik yang sangat efektif, untuk membersihkan saluran pencernaan dan membuang racun dan garam berlebih dari tubuh.

Komponen antiinflamasi, termasuk alkaloid dan kuinolon, dapat mengurangi parasit di usus dan mengurangi rasa sakit dan iritasi pada perut / usus besar.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melindungi sistem kekebalan tubuh adalah salah satu komponen terpenting. Menambahkan sedikit buah sirsak ke makanan Anda, baik melalui minuman menyegarkan atau makanan pencuci mulut, secara positif dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Kaya akan vitamin C, buah ini merangsang produksi sel darah putih, sementara konsentrasi antioksidan membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

7. Membersihkan Saluran Pernafasan

Jika Anda sedang berjuang dengan penyakit pernafasan, maka sifat antiinflamasi sirsak bisa membantu membersihkan saluran napas Anda.

Bertindak sebagian sebagai ekspektoran, sirsak adalah cara yang andal untuk menghilangkan dahak dan lendir, dimana banyak patogen bisa hidup.

Dengan mengurangi radang pada rongga hidung dan saluran pernafasan, bisa juga mempercepat penyembuhan.

Baca juga:

Khasiat Buah dan Biji Sirsak

Buah sirsak mengandung kadar karbohidrat dan fruktosa tinggi, yaitu gula alami. Tingkat vitamin B1, B2 dan C yang signifikan juga ditemukan di Sirsak.

Bubuk biji sirsak digunakan sebagai zat kulit, untuk membunuh kutu busuk dan kutu kepala dan untuk mengurangi kejang otot.

Konsonan yang dibuat dari daun sirsak digunakan untuk berbagai pengobatan pengobatan, beberapa di antaranya meliputi:
  • Mengurangi nyeri artritis
  • Mengurangi radang sendi
  • Mengurangi peradangan di saluran hidung dan saluran pernafasan secara keseluruhan
  • Sebagai obat penenang atau obat penenang
  • Untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim

Catatan Penting: Meskipun penggunaan tradisional daun sirsak ini  terbukti sangat efektif, penting untuk mendiskusikan penambahan baru pada resimen kesehatan Anda dengan profesional medis terlatih.

Terutama dalam hal potensi melawan kanker, adalah bijaksana untuk mencari banyak pendapat sebelum mengembangkan profil perawatan Anda.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.