Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kesehatan semangka meliputi pencegahan gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, pencegahan kanker, diabetes, penyakit jantung, heat stroke, degenerasi makula dan impotensi.  Para ilmuwan telah memperhatikan kadar lycopene semangka yang tinggi - sekitar 15 sampai 20 miligram per porsi 2 gelas.

manfaat buah semangka untuk kesehatan
Manfaat Buah Semangka

Nilai Gizi Semangka

Efek semangka yang sehat atau menguntungkan terutama berasal dari nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya yang unik. Ini termasuk sejumlah besar vitamin C, kalsium, magnesium, serat, protein, dan jumlah potasium yang sangat besar.

Selain itu, mereka mengandung vitamin A, vitamin B6, niacin, thiamin, dan berbagai macam karotenoid dan fitonutrien, termasuk lycopene.

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan 

Banyak khasiat semangka untuk kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh. Untuk kecantikan juga bisa digunakan terutama untuk kesehatan  kulit Anda, Berikut adalah manfaat semangka bagi kesehatan dan kecantikan.

1 - Kesehatan jantung: Lycopene tingkat tinggi semangka sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ekstrak semangka membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa obesitas.

2 - Mencegah Kanker: senyawa fitonutrien karotenoid yang terdapat pada buah semangka dapat untuk mencegah kanker.

Seiring berjalannya waktu dan penelitian terus menghasilkan hasil yang konsisten, lycopene telah terbukti mengurangi secara signifikan risiko kanker prostat, payudara, kolon, paru-paru, dan endometrium. [1]

Semua di antara semua, antara potensi antioksidan vitamin C dan dampak lycopene, semangka adalah buah anti-kanker yang hebat.

3 - Kulit dan rambut: Vitamin A sangat baik untuk kulit Anda, dan hanya secangkir semangka mengandung hampir seperempat dari asupan harian yang Anda anjurkan.

Vitamin A membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab, dan ini juga mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat, menurut Klinik Cleveland.

Vitamin C juga bermanfaat dalam hal ini, karena meningkatkan pertumbuhan kolagen yang sehat.[2]

4 - Tekanan Darah Tinggi: Jumlah potasium dan magnesium yang baik yang ada pada semangka sangat bermanfaat dalam hal menurunkan tekanan darah.[3]

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti melepaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sehingga merangsang peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

5 - Hydration: Watermelons help with overall hydration, and that is a great thing, can get 20-30 percent of our fluid needs through our diet alone, and foods like these certainly help. Additionally, their juice is full of good electrolytes. This can even help prevent heat stroke.

6 - Digestion: The watermelon contains fiber, which encourages a healthy digestive tract and helps keep you regular.

Baca juga: 

Lypocene pada semangka terbukti efektif dalam memperbaiki jaringan yang rusak. Benih semangka kaya akan lemak dan protein bermanfaat. Semangka juga mengandung fitonutrien yang memiliki efek sangat baik pada kesehatan dan kelancaran fungsi organ dalam, mata, dan sistem sekresi.

Manfaat Semangka Untuk Pria

Meningkatkan Jumlah Sperma: Dalam buah semangka mengandung setidaknya 15 sampai 20 mg likopen yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma sampai dengan 67% serta memperbaiki struktur dari sperma sampai dengan 63%.[4]

Menjaga Kesehatan Prostat: Kandung lycopene yang ada pada tomat ternyata kalah jika dibandingkan dengan kadar lycopene yang terkandung pada semangka. 

Lycopene merupakan sebuah zat dengan kemampuan antioksidan yang akan menyehatkan jantung, kulit dan juga prostat.

Mengatasi Impotensi: Mengkonsumsi citrulline yang terkandunf dalam buah semangka secara rutin maka akan meningkatkan kadar oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bisa lebih rileks dan aliran darah akan menjadi lancar.

Dengan meningkatkan aliran darah ini, maka akan mengatasi disfungsi ereksi untuk kasus yang ringan.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.