Manfaat Kopi Untuk Kesehtan dan Kecantikan

Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi menjadi minuman favorit masyarakat dunia termasuk indonesia. Kopi diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, Berikut ini kami rangkum dalam bahaya dan manfaat kopi.

Manfaat Kopi
Manfaat Kopi

Manfaat Kopi Untuk Pria dan Wanita

1. Meningkatkan Tenaga dan Energi

Kopi bisa membantu meningkatkan tingkat energi ketika Anda sedang lelah, karena mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Banyak percobaan terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi kognitif umum. [1]

2. Kopi Bisa Membantu Anda Membakar Lemak

Tahukah Anda bahwa kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakaran lemak? kafein adalah satu dari sedikit zat alami yang sebenarnya telah terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 3-11%.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada individu obesitas dan 29% pada orang kurus.[2]

Namun, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Pada sebuah laporan penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’. Mengungkapkan alasan tentang hubungan antara kopi dengan penurunan resiko diabetes.

Hal ini karena kopi memiliki kandungan senyawa yang bekerja menghambat hIAPP.  hIAPP merupakan polipeptida memicu munculnya serat protein abnormal yang mengakibatkan seseorang terkena diabetes.

Kalau Anda mampu, konsumsilah kopi dengan rasa yang cenderung pahit, hal itu kalau Anda mampu. Minimalnya Anda mengurangi (agar tidak berlebih) penggunaan gula pada kopi.

4. Membantu Menurunkan Resiko Stroke

Kandungan kafein memang bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini benar, namum dampak peningkatan darah sangat kecil (sekitar 3-4 mm/Hg).

Oleh karena itu, kopi tidak mengkhawatirkan bisa menyebabkan hipertensi, hanya saja bagi penderita tekanan darah tinggi perlu berhati-hati dengan kopi.

5. Kopi Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian di dunia dan ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh.

Kopi tampaknya melindungi dua jenis kanker ... kanker hati dan kanker kolorektal.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi berisiko 40% lebih rendah terkena kanker hati. [3]

Satu studi dari 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko kanker kolorektal 15% lebih rendah. [4]

Baca juga:

Efek Samping Minum Kopi

  • Wanita hamil hendaknya menghindari kopi, karena bisa berakibat buruk yang terutama pada janin yang dikandung.
  • Dapat menyebabkan susah tidur, sakit kepala, mudah gugup, bahkan bisa cepat marah ketika Anda minum kopi terlalu banyak.
  • Dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah pada organ jantung hendaknnya menghindari minum kopi.
  • Jika berlebihan minum kopi dapat membuat tubuh rentan terkena masalah jantung, bahkan stroke.
PERINGATAN: Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry pada tahun 2002, menyatakan konsumsi lebih dari 5 gelas kopi dalam sehari bisa merusak dinding pembuluh darah.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.