Manfaat Daun Anting Anting Untuk Kesehatan


Manfaat daun anting-anting untuk kesehatan dapat mengobati asam urat, penyakit radang, dan sebagai anti biotik. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan berbeda. Sekilas, daun anting-anting mirip dengan sebuah terompet yang berbentuk mangkuk.

Manfaat daun anting-anting
Manfaat Daun Anting Anting

Kandungan Tanaman Anting-Anting 

Tumbuhan Anting-anting memiliki kandungan saponin, tanin, alkaloid, flavonoid, dan steroid, selain itu ada juga Asam karbonat yang memberikan efek antidiabetik, antioksidan, anti aging, glucoronidase inhibitor.

Akar Anting-anting untuk Obat Asam Urat

Senyawa alami yang terkandung di dalam tumbuhan anting anting ini dapat mengurangi rasa sakit yang diderita oleh penyakit asam urat.

Caranya:
  • Cabut tanaman Anting-anting, ambil akarnya kira-kira seberat 100 gram.
  • Cuci bersih dan keringkan,
  • Ambil sebanyak 40 - 60 gram,
  • Sisanya bisa dipakai untuk tambahan rebusan berikutnya
  • Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa kira-kira 1 gelas, biarkan sampai benar-benar dingin.
  • Saring air rebusan tersebut dan dibagi dua untuk diminum pagi dan malam hari. 

Obat Eksim

Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa daun anting anting ini dapat meredakan penyakt eksim yang menyerang tubuh Anda.

Caranya:


Pilih tanaman anting-anting yang masih segar secukupnya saja kemudian direbus. Gunakan air rebusan ini untuk mencuci bagian kulit yang sakit.

Melancarkan saluran kemih

Sifat anti bakterinya bisa membunuh bakteri yang berada di saluran kemih sehingga bisa membuat saluran kemih Anda menjadi lebih lancar.

Untuk Obat Luka Bakar

Cabut tanaman Anting-anting secukupnya dan dicuci  sampai bersih. Lalu lumatkan, bisa dengan cara ditumbuk dan gula pasir secukupnya.
Kemudian tempelkan pada bagian yang luka, biarkan sampai kering dan rontok sendiri

Mengobati Diare

Daun ini punya fungsi anti bakteri yang baik. Bakteri di dalam pencernaan Anda akan dibuang dari tubuh sehingga tidak menimbulkan diare.

Caranya:

Sediakan anting-anting yang kering sebanyak 30-60 gr, kemudian direbus sampai mendidih. Diminum air rebusan tadi setelah agak dingin.

Baca juga:
Anda bisa menanam tanaman anting-anting di rumah untuk persedian obat herbal yang khasiat nya baik, anda bisa menggunakan daun, akar, atau bunga nya dan mengolahnya menjadi ramuan obat tradisional.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.