Manfaat Daun Jarak Untuk Bayi, Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat daun jarak sudah dari dulu digunakan untuk pengobatan herbal, baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya pria dan wanita, olahan rebusan daun jarak ini juga bisa di gunakan untuk bayi. Tanaman jarak, disebut juga dengan nama jarak pagar, merupakan jenis tumbuhan hijau yang biasa tumbuh liar di berbagai tempat dan musim.

manfaat daun jarak
Manfaat Daun Jarak

Ciri - Ciri Daun Jarak

  • Memiliki batang pohon yang kokoh, 
  • batang kayunya berbentuk bulat dan terdapat banyak getah. 
  • Daun jarak tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk – lekuk sebanyak 3 – 5 buah. 
  • Bunganya berumah satu dan uniseksual, kadang – kadang ditemukan bunga hermaprodit, yang berwarna kekuningan. [1]

Manfaat Daun Jarak Untuk Wanita

Berikut adalah beberapa khasiat daun jarak untuk wanita yang bisa digunakan seperti yang akan kami terangkan dibawah ini.

1.  Menjaga Kesehatan Kulit

Daun jarak dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, stretch mark, terbakar matahari dan juga mengatasi kulit kering.

Caranya: gunakan daun jarak pagar untuk menyembuhkan kondisi ini dengan menempelkannya pada permukaan area kulit yang terkena penyakit secara teratur sampai supnya dikeringkan.

2. Daun Jarak Untuk Atasi Rambut Rontok

Daun jarak mengandung asam ricin dan ricinoleic yang berfungsi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.  Selain itu, berguna untuk merangsang sirkulasi darah untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Bahan-bahan:
  • ½ cangkir minyak daun jarak (bisa dibeli di apotek atau toko obat)
  • 4 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan minyak zaitun
Caranya: 
  • Aplikasikan ramuan ini pada rambut yang kering, 
  • Pijat lembut kulit kepala, lalu diamkan selama 20-30 menit sambil menggunakan shower cap. 
  • Terakhir, keramas rambut seperti biasa dan bilaslah dengan air dingin. 

3. Daun Jarak Untuk Menebalkan Alis

Bagi sebagian wanita memiliki masalah dengan alisnya yang tipis, daun jarak ini bisa digunakan untuk menebalkan alis secara alami dengan cara mengoleskan hasil ekstrak daun jarak menjadi minyak dan dioleskan malam hari sebelum tidur.

4. Daun Jarak Untuk Mengatasi Keputihan

Kandungan alami dalam daun jarak ini sangat baik digunakan untuk mencegah keputihan dan juga meningkatkan kesehatan vagina secara menyeluruh.

5. Daun Jarak Untuk Menghilangkan Jerawat

Daun jarak bisa di manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cara menghancurkan daun jarak dengan cara blender atau ditumbuk.

...Karena daun jarak mengandung sifat anti inflamasi, anti bakteri dan juga anti peradangan sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat jerawat meradang.

Baca juga:

Manfaat Daun Jarak Untuk Kejantanan Pria

Daun jarak sudah dikenal sejak dulu mampu memperbesar alat vital pria secara alami. Jika anda mempunyai tanaman jarak pagar dirumah, anda bisa mengambil getahnya langsung untuk dioleskan.

Bahan:
  • Daun jarak pagar beserta gagangnya 10 lembar
  • Daun jeruk purut 10 lembar + jeruknya
Cara:
  • Tumbuk hingga halus daun jarak beserta tangkainya Tambahkan daun jeruk purut hingga benar-benar lumat.
  • Tambahkan air sebanyak 50 ml ditambah air perasan jeruk purut sebanyak 2 buah.
  • Peras kembali campuran menggunakan kain bersih kemudian dari air perasan tersebut bisa digunakan untuk memperbesar alat vital pria.

Manfaat Daun Jarak Untuk Bayi

Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek, tanaman ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan bayi. Berikut diantaranya:

1. Menurunkan Demam

Basahi beberapa lembar daun jarak pagar, lalu tempelkan pada dahi dan ubun-ubun si kecil. Tunggu beberapa saat maka demam akan turun perlahan.

2. Mengobati Perut Kembung

Daun jarak dapat mengobati perut kembung bayi, caranya adalah dengan memanggang beberapa lembar daun jara pagar di atas api agar sedikit layu. Oleskan sedikit minyak kelapa lalu tempelkan pada perut si kecil.

3. Menyembuhkan Masuk Angin

Tempatkan beberapa lembar daun jarak pagar di atas api. Tambahkan minyak kayu putih lalu tempelkan pada area perut, dada, dan punggung bayi.

Manfaat Daun Jarak Pagar Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat daun jarak untuk kesehatan. Berikut ini informasinya:

1. Mengatasi Kanker Serviks

mengkonsumsi air rebusan daun jarak pagar secara rutin dapat untuk penyembuhan kanker serviks, kandungan dimethyl sulfoxide yang mampu secara efektif menjaga kesehatan daerah kewanitaan.

2. Mengobati Bekas Luka

Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jarak kemudian menempelkannya pada bekas luka.

3. Menyembuhkan Sakit Gigi

Zat antimikroba yang ada pada daun jarak akan bekerja efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi Anda.  Caranya dengan meneteskan getah daun jarak pagar pada gigi berlubang yang sakit secara rutin.

4. Mengobati Rematik

Ambil beberapa daun jarak pagar yang sudah tua. Tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada area yang menjadi sumber rematik. Lakukan setiap hari.

5. Menyembuhkan Batuk

Ambil daun atau akar jarak, lalu rebusl dalam air secukupnya. Minumlah ketika hangat tiga kali sehari untuk menyembuhkan batuk sekaligus mengencerkan dahak.

Efek Samping Daun Jarak

Efek samping minyak jarak bisa terjadi pada kulit dan sistem pencernaan yang tidak nyaman, diare dan lain sebagainya.

Jika anda menderita kram, iritasi usus, wasir, maag, radang usus, prolapses atau baru saja menjalani operasi sebaiknya tidak menggunakan minyak jarak atau daun jarak sebagai obat.

Penutup
Manfaat tanaman jarak pagar sudah dikenal dan dirasakan oleh banyak orang, obat alami tradisional ini masih sangat berkhasiat.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.