Manfaat Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat pisang untuk kesehatan sudah banyak di rasakan oleh sebagian orang, buah pisang mengandung nutrisi penting, dan memiliki manfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung dan menutunkan berat badan. Manfaat kesehatan pisang berasal dari banyak vitamin dan nutrisi yang dikandungnya.

manfaat pisang
Manfaat Pisang

Nutrisi dan Vitamin Pisang

Beberapa nutrisi dan senyawa dalam pisang adalah karbohidrat, vitamin A, C, dan B6, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, natrium, kalium dan gula alami seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Semua ini membuat pisang menjadi makanan super yang merupakan bagian integral dari rejimen harian yang sehat.

Pisang mengandung cukup banyak serat, serta beberapa antioksidan.
  • Kalium: 9% dari RDI.
  • Vitamin B6: 33% dari RDI.
  • Vitamin C: 11% dari RDI.
  • Magnesium: 8% dari RDI.
  • Tembaga: 10% dari RDI.
  • Mangan: 14% dari RDI.
  • Karbohidrat bersih: 24 gram.
  • Serat: 3,1 gram.
  • Protein: 1,3 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.
Setiap pisang mengandung hanya sekitar 105 kalori, dan hampir terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang mengandung protein sangat sedikit dan tidak menyebabkan gemuk.[1, 2, 3 ]

Baca juga

9 Manfaat Kesehatan Buah pisang

1 - Mengobati Anemia: Pisang adalah sumber zat besi yang baik untuk orang yang menderita anemia. mengonsumsi makanan kaya zat besi akan membantu mengisi kembali mineral esensial ini.

Konsumsi pisang secara teratur dan bertahap maka akan mengurangi gejala yang terkait dengan anemia termasuk kelelahan, pusing, sakit kepala, sesak napas dan detak jantung yang cepat.

2 - Menurunkan Berat Badan: pisang adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan, Mereka rendah lemak dan kaya akan serat dan vitamin.

Serat makanan dalam pisang menyerap air dan menghabiskan banyak ruang di perut Anda, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

3 - Menyehatkan Jantung: Pisang kaya kalium, elektrolit mineral yang penting bagi jantung Anda. Kalium berpindah ke sel di seluruh tubuh Anda dan membantu sistem peredaran darah mengantarkan oksigen ke otak.

Ini juga membantu menjaga denyut jantung teratur dan keseimbangan air yang tepat dalam tubuh.

4 - Mengatasi Morning Sickness:
Pisang dapat mengatasi morning sickness. Sifat menenangkan membantu mengisi kembali tubuh dan mengembalikan kadar glukosa darah yang sehat. Hal ini pada gilirannya membantu memerangi mual.

Ibu hamil disarankan untuk makan pisang setelah bangun tidur di pagi hari dan setelah setiap makan.

Selain itu, pisang memiliki beberapa nutrisi yang bisa membantu mengangkat mood Anda dan mendukung perkembangan fisik bayi Anda yang belum lahir.

5 - Kesehatan Mata: Pisang mengandung vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan mata. Asupan vitamin A harian yang memadai juga mengurangi risiko kebutaan.

6 - Memperkuat Tulang: Pisang adalah salah satu buah terbaik untuk menjamin tulang sehat dan kuat sepanjang hidup Anda.

Secara khusus, pisang dikaitkan dengan peningkatan penyerapan kalsium. Beberapa pisang juga memiliki asam lemak rantai pendek, yang tidak dapat diserap manusia,...

...namun organisme yang hidup di lapisan perut kita dapat mengonsumsi asam lemak tersebut, yang meningkatkan kemampuannya menyerap mineral seperti kalsium.

Kalsium adalah unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh.

7 - Mengurangi Sembelit: Pisang mengandung serat makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Mereka juga membantu dalam mengobati gangguan usus lainnya.

Serat mampu mengisi sebagian besar tinja dan membantu menstimulasi gerakan peristaltik tubuh, yang membantu menggerakkan gerakan usus melalui saluran usus.

Ini bisa membantu mengurangi kondisi pencernaan yang tidak sehat, begitu pula kanker kolorektal!

8 - Kesehatan Ginjal: Kalium sangat penting untuk pengendalian tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Sebagai sumber potasium makanan yang baik, pisang mungkin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

9 - Perawatan Kulit dan Rambut: Pisang merupakan makanan yang sangat baik untuk kulit dan rambut Anda.

Pisang dan kulitnya memiliki efek merevitalisasi pada kulit dan membantu memperbaiki sel yang rusak. Vitamin B dalam pisang juga akan membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Buah ini sangat tinggi kadar airnya sangat baik untuk rambut. Anda bisa membuat masker pelembab rambut sederhana  dari buah pisang.

Selain itu, kulitnya bisa digunakan untuk meringankan rasa gatal akibat iritasi seperti gigitan nyamuk atau ruam kulit. Pisang tumbuk juga telah digunakan sebagai obat topikal untuk kulit yang teriritasi atau terlalu kering.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.