Manfaat Jambu Biji dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Sebagian besar dari kita tahu tentang manfaat kesehatan buah dan daun jambu biji. Jambu biji memiliki beberapa khasiat obat dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Dikemas dengan antioksidan, agen antibakteri dan anti-inflamasi, karotenoid, flavonoid dan tanin yang sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit.

manfaat jambu biji
Manfaat Jambu Biji

Nutrisi dan Gizi Jambu Biji

Jambu biji adalah sumber energi, serat makanan, dan vitamin yang baik seperti vitamin A, vitamin C, niasin, vitamin B-6, folat, tiamin, dan riboflavin. Ini juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi dan kalium.[1]

5 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

1 - Menjaga kesehatan mulut: Plak gigi merupakan faktor utama dalam banyak masalah kesehatan mulut. Sifat anti-plak daun jambu biji efektif dalam mencegah dan mengobati masalah ini.

Daunnya memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik dan antimikroba yang membantu mengurangi peradangan gusi dan membiarkan nafas Anda segar dan bersih.

Caranya:

Untuk menjaga kesehatan mulut, cukup kunyah 1 atau 2 daun jambu lunak setiap hari. Anda juga bisa membuat obat kumur buatan sendiri dengan merebus 5 sampai 6 daun jambu lunak dalam air.

Biarkan hingga dingin dan tambahkan sedikit garam. Kenakan obat kumur secara menyeluruh ke sekitar mulut dan gigi Anda sekali atau dua kali sehari.

2 - Mengobati Diare: Teh daun jambu biji bisa membantu menghambat bakteri penyebab diare.

Saat menderita diare, minumlah teh daun jambu biji beberapa kali sehari. Teh ini akan menyebabkan lebih sedikit tinja, mengurangi rasa sakit pada perut, mengurangi tinja encer dan mempercepat pemulihan.

Buah jambu biji juga bagus untuk saluran pencernaan. Sifat antibakterinya membantu membersihkan saluran pencernaan.[2]

3 - Mengobati Diabetes: Jambu biji kaya akan serat dan indeks gletcemic yang rendah sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Serat membantu mengatur kadar gula, indeks glikemik rendah menghambat lonjakan kadar gula secara tiba-tiba.

Caranya:
  • Keringkan daun jambu biji yang lembut dan hancurkan mereka menjadi bubuk.
  • Tambahkan 1 sendok makan daun jambu biji ke secangkir air panas.
  • Tutup dan biarkan sampai curam selama 5 menit, lalu saring.
  • Minum teh ini satu kali sehari.
4 - Menurunkan Risiko Kanker: Sifat antikanker atau antitumor jambu biji berasal dari senyawa seperti lycopene, quercetin, vitamin C dan berbagai polifenol yang ada di dalamnya.

Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan kuat yang membantu menetralisir kerusakan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kanker.

Asupan jambu biji secara teratur juga dapat membantu mencegah jenis kanker lainnya, termasuk payudara, mulut, kulit, perut, usus besar dan kanker paru-paru.

5 - Menjaga Kulit Sehat: Jambu, terutama jambu merah, mengandung sifat antioksidan kuat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak tubuh Anda pada tingkat sel.

Vitamin C dalam jambu biji merangsang produksi kolagen dan elastin, protein struktural yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis.[3]

Selain itu, sifat zat pada jambu mentah dan daun jambu membantu memperbaiki tekstur kulit, melindunginya dari efek sinar ultraviolet matahari dan mencegah masalah jerawat.

Baca juga:

Efek Samping Jambu Biji

Sebagai buah, jambu aman untuk dikonsumsi. Namun, obat-obatan yang memiliki kandungan jambu biji yang besar mungkin tidak sesuai untuk wanita hamil dan menyusui. Selalu lebih baik mengonsumsi jambu biji dalam bentuknya yang alami dan jika dikonsumsi dalam bentuk obat, konsultasikan dengan dokter Anda.

Manfaat dan Khasiat Lainnya...

Medical Disclaimer: Informasi di situs ini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti medis atau untuk mengganti tenaga profesional kesehatan. Kami tidak menjamin hasil yang spesifik sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya mungkin berbeda dari orang ke orang.